SAMBUTAN
Dr. H. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd, M.Si. Ak, CA
Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh, selamat datang di Fakutas Ekononomi (dan Bisnis), kami sangat senang anda telah memilih program studi yang ada di Fakultas kami dalam bidang Ekonomi, Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen dan Pendidikan Bisnis dan Manajemen. Perjalanan pendidikan anda di Fakultas Ekonomi akan mewarnai  pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang nantinya akan anda tempuh selama 2 – 3 tahun kedepan. Para pengajar disini dengan pengalamannya akan sangat bahagia saling berbagi ilmu dengan para mahasiswanya. 

Di Fakultas Ekonomi kita akan mengembangkan secara bersamasama Ilmu Ekonomi dan Bisnis untuk membawa anda semua ke pemimpin masa depan, Kami berkeyakinan dengan kapasitas yang ada pada dosen, tenaga akademik dan dengan dukungan akses fasilitas yang ada kita akan bersama-sama maju untuk memperkaya khasanah pengetahuan teori dan praktik. Sebagai lembaga yang bertanggungjawab atas Tridharma, peran kita semua kami harapkan dapat meningkatkan kualitas Riset dan pengabdian kepada masyarakat secara berkesinambungan dan

berkualitas. Senyampang kita berupaya menuju pencapaian tujuan tersebut, kedatangan anda sangat penting dalam berkontribusi terhadap peningkatan kualitas sumberdaya manusia di Indonesia.  Seperti anda ketahui, mulai tahun ini manajemen akademik dan non akademik Pascasarja dialihkan dari Pascasarjana UM ke Fakultas Ekonomi. Konsekuensi atas pengalihan itu adalah masih adanya penyesuaian pola penataan, yang kami upayakan untuk lebih baik memberikan pelayanan kepada anda. Sebagai Fakultas terbesar di UM kami tetap berkomitmen untuk menjadi semakin baik dalam berkontribusi miningkatkan rangking UM sebagai Universitas klaster utama. 

Selamat menempuh athmosper akademik yang baru dan  selamat datang di Fakultas Ekonomi dab Bisnis

SEJARAH, FILOSOFI DAN BRAND

Dalam sejarahnya Berdasarkan KEPMEN PPK Nomor 38742/Kab, tanggal 18 Oktober 1954, berdiri FKIP Universitas Airlangga, yang ditahun 1958 berubah menjadi IKIP Malang, dan terakhir berdasarkan KEPRES RI Nomor 93 Tahun 1999 berlandaskan wider mandate (perluasan mandate) IKIP Malang menjadi Universitas Negeri Malang (UM). Keberadaan FE UM dicanangkan dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tanggal 14 Oktober 1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Negeri Malang (OTK UM), dan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 170/U/2000, tanggal 21 September 2000 tentang Statuta Universitas Negeri Malang, dimana FE adalah salah satu dari lima fakultas yang ada di lingkungan UM dengan tiga jurusan: Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Pembangunan (SK Dirjen Dikti Nomor 143/DIKTI/Kep/2000 tanggal 12 Mei 2000).

Gagasan UM sebagai Learning university telah menjadi kebijakan resmi universitas yang dikukuhkan pada Lustrum UM yang ke 55. Penetapan learning university sebagai jati diri UM telah melalui proses perenungan yang mendalam sejak gagasan itu digulirkan oleh Rektor UM pada upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke 64, pada tanggal 17 Agustus 2009. Dalam kerangka pikir learning university, UM memiliki dua fungsi dalam mengemban misi sebagai lembaga pendidikan tinggi yang harus terus bertransformasi sesuai dengan perkembangan tuntutan kebutuhan stakeholders UM, yaitu: Pertama, orientasi ke dalam (internal) mewujudkan UM sebagai learning organization. Ini mengandung arti bahwa keterlibatan semua unsur (organism) di dalam sistem organisasi itu mengedepankan aspirasi, pengembangan kepedulian, dan pengembangan kapabilitas mereka bersama, sehingga sistem organisasi universitas dan unsur-unsurnya dapat (mem)belajar(kan) satu sama lain. Kedua, orientasi keluar (eksternal) mewujudkan UM sebagai learning resources center. Ini mengandung arti bahwa UM membuka akses seluas-luasnya sebagai tempat dan rujukan belajar bagi semua lapisan masyakarat. Pengembangan UM sebagai Learning University berlandaskan pada: (1) lifelong education and lifelong learning, (2) learning culture (budaya belajar), (3) education for all, dan (4) filsafat bangsa dan peraturan perundangan yang berlaku. Lifelong education and lifelong learning pada hakekatnya menjunjung tinggi hak manusia untuk memperoleh pendidikan dan belajar sepanjang hayat.

Fakultas Ekonomi (dan Bisnis) bertujuan (1) menghasilkan lulusan yang kompeten, cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional; (2) menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dan menjadi rujukan dalam ilmu kependidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, ilmu sosial budaya, dan ekonomi bisnis.

Pencapaian Fakultas Ekonomi saat ini memiliki total 16 Program studi, dengan  9 Program studi Diploma 3 dan Stata 1  dan 6 Program studi Magister dan Doktoral. Dalam status akreditasi, semua program studi sarjana telah mencapai akreditasi A dan dari 2 program studi Diploma, 1 program studi terakreditasi A dan B.  Akreditasi program Pascasarjana 1 program studi terakreditasi A (S2 Pendidikan Ekonomi); 4 prodi terakreditasi B, serta 2 Prodi terakreditasi C (S2 Ilmu Ekonomi dan S3 Doktor Ilmu Manajemen). Beberapa program studi masih pengajuan akreditasi ditahun 2019 dan di tahun 2020 Program Doktor Ilmu Manajemen akan mengajukan akreditasinya untuk pertama kali. Dalam beberapa tahun terakhir program pasca sarjana secara khusus melalui pola program kerjasama negara sedang berkembang, menerima mahasiswa asing dari Mesir, Somalia, Madagaskar, Papua Nugini, Sierra Leone, Palestina, Mali dan lain-lain. Tahun ini program  Pascasarjana menerima 119 mahasiswa.