Visi Program Studi Magister Ilmu Ekonomi adalah:

Menjadi program studi yang unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi di bidang ilmu ekonomi yang berwawasan global dan bertindak untuk kepentingan lokal yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2035.

Misi Program Studi Magister Ilmu Ekonomi adalah

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran di Prodi Magister Ilmu Ekonomi yang berpusat pada peserta didik menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif, mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dan menghasilkan lulusan yang berwawasan global dan bertindak untuk kepentingan lokal.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang ilmu ekonomi yang temuannya bermanfaat bagi pengembangan ilmu, pengembangan ekonomi lokal dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat melalui penerapan ilmu ekonomi.
  4. Menyelenggarakan tata pamong prodi Magister Ilmu Ekonomi yang otonom, akuntabel dan transparan serta menjalin kerjasama yang berkelanjutan.

Tujuan yang ingin dicapai oleh Program Studi Magister Ilmu Ekonomi adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan Magister Ekonomi (ME) yang kritis (peka dan responsif) terhadap dinamika ekonomi pembangunan nasional maupun global, serta kreatif dan produktif dalam memikirkan, merekayasa, dan mempraktikkan kajian hasil ekonomi pembangunan dalam konteks pembangunan nasional.
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif-inovatif yang unggul dan menjadi rujukan dalam bidang ilmu ekonomi.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan bidang ilmu ekonomi untuk mengembangkan ekonomi lokal dan mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera.
  4. Menghasilkan kinerja Program Studi Magister Ilmu Ekonomi yang diakui secara nasional dan menjalin kerjasama yang efektif dan efisien untuk meningkatan kualitas pelaksanaan tridarma perguruan tinggi.

 

Berdasarkan pada substansi Tahap Kedua RIP UM tahun 2016—2020, gambaran umum Pascasarjana UM Renstra Bisnis Pascasarjana 2015-2019, UM, maka ditetapkan sasaran dan strategi pencapaiannya dalam empat tahapan sebagai berikut:

Sasaran Pencapaian Pertama (2014-2019)

  1. Terselenggaranya pendidikan dan pembelajaran yang unggul, kreatif, dan inovatif dengan fasilitas yang baik.
  2. Meningkatnya bahan ajar di Bidang Ekonomi yang dimuat dalam pembelajaran berbasis e-learning.
  3. Terselenggaranya berbagai kegiatan seminar, kuliah tamu, dan workshop tentang penulisan karya ilmiah, leadership, metode penelitian, komunikasi, teamwork, dan sejenisnya.
  4. Meningkatnya publikasi ilmiah yang berbasis tesis bidang ilmu ekonomi pada Jurnal Nasional dan Internasional bereputasi.
  5. Mendorong peningkatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan mahasiswa baik yang dibiayai oleh universitas maupun kerjasama dengan instansi lain.
  6. Meningkatnya jumlah kerjasama penelitian, pengabdian dan publikasi ilmiah antara Program Studi Magister Ilmu Ekonomi UM dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah (dalam dan luar negeri).
  7. Terwujudnya dan dilaksanakannya Standard Operating Procedure (SOP), manual procedure,dan standar mutu akademik yang baik pada Program Studi Magister Ilmu Ekonomi.

Sarasan Pencapaian Kedua (2019-2024)

  1. Terselenggaranya pendidikan dan pembelajaran yang unggul, kreatif, dan inovatif dengan pengoptimalan penggunaan teknologi.
  2. Terwujudnya lulusan berkualitas dengan tingkat penerimaan yang tinggi secara nasional dan regional.
  3. Meningkatnya jumlah partisipasi dosen dan mahasiswa dan forum ilmiah di tingkat nasional dan internasional.
  4. Meningkatnya jumlah publikasi nasional/internasional bidang ilmu ekonomi yang berbasis penelitian tesis.
  5. Meningkatnya aktivitas dan kualitas pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan dosen dan mahasiswa Magister Ilmu Ekonomi dalam mengamalkan hasil-hasil penelitian.
  6. Meningkatkan kerjasama dan pengelolaan tata pamong Program Studi Magister Ilmu Ekonomi yang otonom, akuntabel, dan transparan.
  7. Terselenggaranya forum-forum diskusi, kajian-kajian ekonomi, demi terwujudnya komunikasi harmonis antara mahasiswa dengan dosen di luar jam kuliah.

Sasaran Pencapaian Ketiga (2024-2029)

  1. Terselenggaranya pendidikan dan pembelajaran yang unggul, kreatif dan inovatif dengan pengoptimalan teknologi, didukung pembelajaran efektif yang berbasis pada peserta didik.
  2. Meningkatnya jumlah mahasiswa yang memperoleh prestasi berbagai lomba karya ilmiah inovatif dan minat/bakat di kancah lokal, nasional dan regional.
  3. Meningkatnya keterserapan naskah karya ilmiah hasil tesis di bidang ekonomi pada jurnal terakreditasi dan Jurnal Internasional Bereputasi.
  4. Meningkatnya kepakaran bidang ilmu ekonomi dalam mengembangkan dan memanfaatkan hasil-hasil penelitian dalam pengabdian kepada masyarakat.
  5. Meningkatnya kerjasama penelitian, pengabdian dan publikasi ilmiah Program Studi Magister Ilmu Ekonomi UM dengan pemerintah dan lembaga non pemerintah.
  6. Penyelenggaran kegiatan ilmiah bertaraf nasional dan internasional.
  7. Terwujudnya jurnal ilmiah prodi magister ilmu ekonomi terakreditasi nasional.

Sasaran Pencapaian Akhir (2029-2035)

  1. Terwujudnya kapasitas prodi magister ilmu ekonomi dalam memberikan layanan pendidikan yang paling unggul dibanding prodi lain yang sama.
  2. Berkembangnya atmosfer akademik di prodi magister ilmu ekonomi yang kondusif untuk pengembangan ilmu dan penelitian bertaraf internasional.
  3. Meningkatnya aktivitas dan kualitas pengabdian kepada masyarakat melibatkan dosen dan mahasiswa prodi magister ilmu ekonomi dalam mengamalkan hasil-hasil penelitian di tingkat internasional.
  4. Meningkatnya publikasi ilmiah mahasiswa dibidang ilmu ekonomi pada jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi.
  5. Terwujudnya jurnal ilmiah prodi magister ilmu ekonomi yang terakreditasi nasional dan internasional bereputasi.
  6. Meningkatnya kerjasama penelitian, pengabdian dan publikasi ilmiah Program Studi Magister Ilmu Ekonomi UM di dalam negeri dan luar negeri.
  7. Meningkatnya kapasitas sistem informasi akademik, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kemahasiswaan dan kemitraan yang paling unggul dibanding prodi yang sama di universitas lain.