Kerjasama antara perguruan tinggi dan industri sangat penting dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan berkualitas. Perguruan tinggi memiliki tugas besar dalam memberikan pendidikan dan penelitian yang berkualitas, serta mempersiapkan lulusan yang siap bekerja dan memahami dunia industri. Sementara industri memiliki tanggung jawab untuk membantu menciptakan lapangan kerja dan memperkuat ekonomi negara. Perguruan tinggi dan industri bisa bekerjasama dalam memperkuat program pendidikan dan penelitian, mempromosikan inovasi dan penerapan teknologi terbaru, serta mempersiapkan lulusan yang siap bekerja dan memahami dunia industri, serta membantu meningkatkan daya saing lulusan.

Kerjasama dengan melibatkan industri dalam kegiatan pembelajaran menjadi bagian dari target indikator kinerja utama (IKU) Perguruan Tinggi. Keterlibatan industri sebagai dosen praktisi sangat diperlukan dalam memberikan wawasan kepada mahasiswa mengenai implementasi teori di dunia kerja. Selain itu, dosen akademisi juga memerlukan wawasan industri untuk dapat memberikan pemahaman praktik kepada mahasiswa. Kolaborasi antara Perguruan Tinggi dengan industri dalam meningkatkan employability lulusan merupakan tuntutan yang perlu ditindaklanjuti.

Berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0, industri makanan dan minuman (mamin) merupakan salah satu sektor yang mendapat prioritas pengembangan dalam penerapan transformasi digital. Kontribusi sektor mamin pada triwulan I tahun 2023 sebesar 38,61% terhadap PDB industri pengolahan nonmigas dan 6,47% terhadap PDB nasional. Dengan demikian, inisiasi kerjasama antara PT. Mayora Indah Tbk dengan program Pascasarjana FEB Universitas Negeri Malang perlu dilakukan, untuk tujuan sharing expert (kuliah tamu dan dosen praktisi), tempat magang bagi mahasiswa, serta peningkatan kapasitas SDM PT. Mayora Indah Tbk

PT. Mayora Indah Tbk. (Perseroan) didirikan pada tahun 1977 dengan pabrik pertama berlokasi di Jl. Industri Raya I, Jatiuwung, Bitung Kota Tangerang. dengan target market wilayah Jakarta dan sekitarnya. Setelah mampu memenuhi pasar Indonesia, Perseroan melakukan Penawaran Umum Perdana dan menjadi perusahaan publik pada tahun 1990 dengan target market; konsumen Asean. Kemudian melebarkan pangsa pasarnya ke negara negara di Asia. Saat ini produk Perseroan telah tersebar di 5 benua di dunia. Sebagai salah satu Fast Moving Consumer Goods Companies, PT. Mayora Indah telah membuktikan dirinya sebagai salah satu produsen makanan berkualitas tinggi dan telah mendapatkan banyak penghargaan, diantaranya adalah “Top Five Best Managed Companies in Indonesia” dari Asia Money, “Top 100 Exporter Companies in Indonesia” dari majalah Swa, “Top 100 public listed companies” dari majalah Investor Indonesia, “Best Manufacturer of Halal Products” dari Majelis Ulama Indonesia, Best Listed Company dari Berita Satu, “Indonesia’s Corporate Secretary Award, Top 5 Good Corporate Governance Issues in Consumer Goods Sector, dari Warta Ekonomi dan banyak lagi penghargaan lainnya. PT. Mayora Indah telah tercatat di Bursa Efek Jakarta sejak 4 Juli 1990. Demi memajukan dan mengembangkan perusahaan, PT. Mayora Indah terus berinovasi dan fokus untuk pengembangan Sumber Daya Manusia

Inisiasi kerjasama dan Company Visit dilakukan pada 20 November 2024 diikuti oleh Korprodi Magister dan Doktor FEB UM, Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed; Prof. Dr. Etty Soesilowati, M.Si; Prof. Dr. Nasikh, SE, MP; Dr. Ludi Wishnu Wardana dan Dr. Makaryanawati, SE, M.Si.

Translate »
Open chat
1
Scan the code
Hello
Can we help you?